Thursday 5 May 2016

Cara mengetahui Bentuk Badan Ayam Aduan yang Bagus dan Tangguh

Bentuk Badan Ayam Aduan yang Bagus dan Tangguh

 

 
Bentuk badan ayam aduan yang bagus dapat mendukung pukulan lebih kuat dan dalam karena bentuk badan yang bagus mempunyai serabut otot yang mendukung gerakan dan pukulan. Ayam aduan dengan pukulan bagus bahkan bisa dibilang istimewa adalah salah satu ayam aduan yang saat ini banyak diminati oleh penghoby ayam laga karena ayam yang demikian lebih mendekati kesempurnaan. Oleh karena itu, untuk mendapatkan ayam aduan yang mempunyai pukulan bagus tidak terlepas dari bentuk badan yang bagus pula. Selain memiliki pukulan yang bagus, bentuk badan juga akan dapat mempengaruhi stamina dan tadah (ayam dalam menerima pukulan) yang bagus pula. Adapun ciri-ciri badan ayam aduan yang bagus bisa anda simak pada sajian dan cirinya seperti dibawah ini tentang bentuk badan ayam aduan dan keistimewaannya. Namun jika dilihat secara umum bentuk badan ayam aduan yang  bagus bertubuh tegak, mempunyai ukuran tubuh yang panjang, padat dan atletis.
Bentuk Badan Ayam Aduan yang Bagus dan Tangguh
  • Bentuk badan ayam aduan yang bagus dengan ciri ciri bertubuh tegak mempunyai kelebihan dalam tehnik dan tulangan yang bagus. Selain mempunyai tulangan yang kokoh tehnik ayam aduan juga akan terbawa dari tubuh yang berdiri tegak sehingga lebih sering main atas.
  • Bentuk badan ayam aduan yang bagus dengan ciri bertubuh panjang memiliki keistimewaan pukulan yang dalam karena memiliki jangkauan pukulan lebih luas.

  1. Bentuk badan ayam aduan yang bagus berukuran panjang, adapun untuk memastikan apakah badan ayam tersebut dibilang panjang atau pendek dapat diketahui dengan mengukur badan ayam dengan jengkalan yang dimulai dari pundak ayam tersebut sampai berutu atau dapat diukur dengan contoh sebagai berikut: jika ayam berukuran 6, tubuh yang bagus mempunyai ukuran panjang badan antara 20-23. Namun jika kesulitan untuk mengukurnya cukup diketahui dengan meraba tulangan tubuh ayam, jika tulangan badan ayam tersebut bertipe botol/bulat maka mempunyai ukuran panjang yang bagus, namun jika tulangan tubuh ayam bertype brongkal maka mempunyai ukuran panjang tubuh yang kurang baik karena badan brongkal mempunyai ukuran tubuh yang besar yang tidak seimbang dengan panjang badan. Tubuh ayam aduan yang bagus mempunyai keseimbangan badan yang baik sehingga mampu melakukan gerakan dan pukulan yang efektif.
  2. Bentuk badan ayam aduan yang bagus mempunyai tulang dada yang panjang dan tebal serta lurus. Untuk mengetahui apakan badan ayam tersebut mempunyai dada yang panjang dan tebal dapat diketahui dengan merabanya. dada ayam yang bagus mempunyai ketebalan diatas 5mm. Ayam aduan dengan dada yang bagus mempunyai nafas yang panjang karena memiliki rongga paru yang lebih besar.
  3. Bentuk badan ayam aduan yang bagus jika dilihat dari samping terlihat rata dengan bagian tengah sedikit menonjol, namun jika terlalu menonjol ayam tidak mempunyai kelincahan.
  4. Bentuk badan ayam aduan yang bagus mempunyai bulu sayap dengan warna yang seimbang, baik sayap kiri dan kanan mempunyai warna bulu yang sama.
  5. Bentuk badan ayam aduan yang bagus mempunyai pangkal ekor yang rapat. Pangkal ekor yang rapat menandakan ayam mempunyai kecepatan bergerak.

No comments:

Post a Comment