Wednesday 4 May 2016

Ini Dia Bahan Alami Pengusir Nyamuk

Ini Dia Bahan Alami Pengusir Nyamuk 

 Di saat musim pancaroba seperti sekarang, kecendrungan intensitas curah hujan semakin meningkat, tentu akan menimbulkan banyak masalah, seperti di Ibukota yang sering mengalami banjir, genangan air terdapat di mana-mana, tentu kondisi lingkungan seperti ini sangat tidak sehat dan kerap menimbulkan berbagai penyakit masalah kesehatan lainnya, seperti penyakit diare, penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk, malaria, DBD, dan penyakit yang di sebabkan oleh Virus Zika dengan melalui perantara gigitan nyamuk.

Add caption

Nah, untuk itu kita perlu lebih berhati-hati dan waspada, dengan memastikan anggota keluarga jauh dari gigitan nyamuk, sehingga meminimalisir dampak dari gigitan nyamuk, yakni menimbulkan penyakit-penyakit berbahaya seperti disebutkan diatas. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk melindungi keluarga dari gigitan nyamuk, mulai dari selalu membersihkan lingkungan untuk mengurangi, menghilangkan sarang-sarang nyamuk, tempat-tempat yang sering tergenang air, atau memakai kelambu saat tidur, dan cara yang paling banyak di lakukan adalah menggunakan obat nyamuk atau anti nyamuk. Namun tentu menggunakan obat anti nyamuk tidak 100% aman, mengapa? Karena zat-zat aktif yang di terdapat dalam obat nyamuk umumnya kimia dan bersifat toksik, untuk itu gunakan obat nyamuk dengan cara yang aman untuk mengurangi dampak yang akan ditimbulkannya.

Bagi Anda yang masih ragu menggunakan obat nyamuk dalam jangka waktu lama, anda dapat memilih cara mengusir nyamuk dnegan cara alami, tanpa perlu takut dengan dampak kurang baik yang akan ditimbulkannya.

Berikut ini, beberapa bahan alami yangs erring Anda jumpai di sekitar ANda dapat digunakan untuk mengusir nyamuk:

Bawang Putih dan Lada Hitam

Bau yang ditimbulkan dari bawang putih dan lada hitam cukup menyengat, inilah yang membuat nyamuk merasa terganggu sehingga tidak berani memasuki ruangan yang sudah beraroma kedua rempah-rempah tersebut, caranya gampang cukup ambil beberapa bawang putih dan lada hitam yang sidah di memarkan, kemudian letakkan di ruangan yang terdapat banyak nyamuk, nyamuknyapun akan segera kabur.

Minyak Sereh

Anda tentu cukup familiar dengan minyak sereh bukan? Biasanya digunakan sebagai campuran obat-obatan, termasuk untuk minyak urut, atau biasa digunakan untuk bayi selepas mand, baunya pun cukup menyengat dan tajam. Ternyata fungsinya cukup ampuh untuk mengusir nyamuk, bahkan sudah digunakan mememk moyang kita sejak jaman dulu, hebat bukan?

Daun Kemangi

Bagi Anda penggemar lalapan, tentu daun kemangi wajib ada di hadapan Anda saat makan, baunya yang wangi seperti namanya, akan membuat selera makan Anda bertambah, benar bukan? Namun tahukah Anda ternyata daun kemangi juga efektif untuk mengusir nyamuk. Lalu caranya bagaimana? Ambil beberapa tangkai daun kemangi, kemudian pada tubuh Anda seperti tangan dan kaki, atau bagian-bagian yang terbuka, dan dapat dipastikan nyamuk tidak akan berani mendekati Anda.

Minyak Esensial

Dari hasil penelitian yang pernah dilakukan di Lowa State University menemukan bahwa dengan menggunakan minyak esensial untuk mengusir nyamuk cukup efektif bahkan lebih efektif 10 kali lipat jika di bandingkan dengan bahan-bahan kimia seperti DEET, menarik bukan? Disamping fungsinya yang ampuh, pastinya juga aman bagi Anda dan keluarga.

Tanaman LOTUS

Tanaman yang satu ini memiliki 2 fungsi, pertama dapat mengusir nyamuk, dan kedua bisa membunuh larva nyamuk jika ditanam di belakang rumah, ini di dapat dari hasil penelitian Nelumbo Necifera yang kemudian diterbitkan dalam bentuk jurnal Asian Pacific Journal of Tropical Medicine beberapa waktu lalu.

Sebenarnya, masih banyak tanaman atau tumbuhan lain yang memiliki efek sebagai anti nyamuk, namun yang di jelaskan di atas adalah yang cukup popular dan sering di rekomendasikan sebagai obat alami alternatif untuk mengusir nyamuk. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment