Thursday 5 May 2016

Trik tata Cara Merawat Ayam Bangkok Sebelum dan Sesudah Diadu

Cara Merawat Ayam Bangkok Sebelum dan Sesudah Diadu

Beternak Ayam Bangkok dan Perlakuan Sebelum dan Sesudah Ayam Bangkok Diadu
tips beternak ayam bangkok, ternak ayam bangkok, beternak ayam bangkok aduan, usaha ternak ayam bangkok, ayam bangkok super, ayam bangkok unggulan, ayam aduan, ayam bangkok blitar
Tips beternak ayam bangkok aduan unggul
gambar : pandir.doank
Untuk menjadi ayam bangkok jagoan yang benar-benar jago, memerlukan waktu yang cukup panjang. Sang calon harus dilatih terlebih dahulu secara teratur, tak ubahnya para petinju sebelum resmi naik ring. Latihan ini dimaksud agar si jago menjadi kuat, lincah dan bertampang atletis.
Pemeliharaan ayam bangkok yang jago,memerlukan perhatian ekstra, yaitu latihan fisik. Latihan fisik bagai atlit sejati ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tangguhkah ayam jago kita. Kondisi tubuh yang selalu prima, membuat si jago siap tempur kapan pun.
1. Latihan Awal
Usia yang paling tepat untuk memasukkan calon jago ke pusat latihan ialah ketika ia sudah menampakkan tanda kedewasaan. Misalnya mulai berahi ketika melihat lawan jenisnya, yang cakep tentunya. Masa akil balig itu biasanya terjadi pada umur 8-9 bulan. lnilah saat yang tepat untuk mengandangkan sang calon jagoan. Maksudnya. ia harus dimasukkan kandang tersendiri yang terpisah dari saudara-saudaranya. Pagi hari selama dua jam (jam 8 – 9), ia dijemur di sinar matahari yang hangat. Jago muda yang dijemur saban pagi ini tidak boleh keluyuran cari makan sendiri, apalagi cari pacar. Karena itu ia harus dikurung di tengah halaman. Barulah pada sore hari. si jago dikeluarkan dari kandangnya, dan diberi kebebasan gerak dengan melepaskannya di halaman tertutup. Kebebasan yang hanya dua jam itu pun, si jago tetap tidak boleh ditemani ayam lain, terutama betina.
Pada tahap awal, ayam jantan ini cukup mendapat porsi latihan ringan saja. Ini mengingat pada usia itu bulu-bulunya masih muda (rebung), terutama bulu pada bagian leher dan ekor. Jika dipompa dengan dosis latihan yang agak berat, dikhawatirkan ia akan kesakitan dan bulunya rusak. Tapi jangan dikira dengan hanya dijernur, lanlas kurang ada pertambahan kekuatan badan. Justru penjemuran ini menyebabkan pernapasan lerlatih. kerja jantung semakin senmpurna, dan tubuh menjadi langsing dan berisi. Mengapa begitu ? Ceritanya begini : sebelum dijemur, ayam memang harus dimandikan (dibanyoni) terlebih dahulu. Tubuh yang basah ini secara otomatis berusaha mengeringkan diri dengan mengeluarkan energi penguapan air. Energi ini diperoleh dari karbohidrat juga bisa oleh lernak cadangan yang ada di balik kulit. Dengan begitu proses penjemuran akan mendororong ayam jago mengurangi kandungan lemaknya. Tentu saja tubuhnya jadi langsing atletis.
Selama dijemur itu pula, tubuh dan bulu-bulunya berangsur kering. Ini sudah  menuntut tenaga ekstra. Oleh sebab itu jangan heran jika si ayam sering megap-megap mirip habis lari jauh. Napas yang terengah-engah itu merupakan usahanya untuk memasukkan oksigen semaksimal mungkin guna membakar lemak (sumber energi itu) untuk mengganti energi yang hilang selama dijemur. Jadi dengan penjemuran da pembanyonan saban pagi, secara tidak langsung kita telah memberi tambahan kekuatan kepada jago itu.
2. Cara Mandi
Cara memandikan yang benar tentunya lebih menunjang usaha kita. Memandikan ayam jago tak ubahnya memandikan bayi saja. Kita tak boleh begitu saja mengguyuri tubuhnya. Apalagi menceburkannya ke dalam ember. Kita hanya boleh membasahi bagian bagian tubuh tertentu saja.
Caranya mudah saja. Cukup dengan air dingin atau air suam-suam kuku, serta lap bersih atau sepotong karet busa (spons). lalu kita jongkok. dan ayam dikepit. Kepala ayam agak ditekan kebawah, lantas air dikucurkan melalui lap (karet busa) yang diperas ke arah kepala dan muka. Kemudian kepala yang basah itu dilap. Bagian lain yang perlu dikucuri adalah leher, pangkal sayap, pinggang, kloaka (lubang pantat), brutu (kelenjar minyak yang terdapat di ujung punggung). Perlu diperhatikan, ketika mengucuri bagian-bagian ini, usahakan agar bulu tidak basah. Karena itu bulu nya mesti disibakkan dulu. Setelah bagian atas ini selesai, menyusul bagian bawah, yakni dada, paha, dan kaki. Jari jemarinya pun perlu kita bersihkan dari koloran yang menempel.
3. Menjantur
Tingkat latihan lebih lanjut ialah menjantur. Pada tahap ini, ayam mulai diberi latihan gerak, walau masih terbatas pada gerak sayap dan kaki. Namun latihan ini bakal membuahkan hasil ganda. Selain melatih kekuatan kaki dan sayap. juga pernapasannya terlatih. Menjantur ayam biasanya sore hari, sebab paginya sudah dijemur. Sebelum latihan dimulai, ayam pun perlu dibanyoni lagi, diberi makan cukup, serta dilepas dulu beberapa saat. Sejam kemudian latihan menjantur boleh dimulai. Pegang pangkal ekor, dan angkat ayam tinggi-tinggi, hingga kepalanya menggantung ke bawah. Diperlakukan seperti ini, sijago akan mengepakkan sayapnya dan meronta menggerakkan kedua kakinya. Biarkan kejadian ini berlangsung semenit atau dua menit. Lantas ayam diturunkan dan biarkan istirahat sejenak. Kalau perlu, dan kondisi tubuhnya memungkinkan, latihan bisa diulangi beberapa kali diselingi istirahat.

Ciri Kepala Ayam Bangkok yang Bagus Berkarakter Juara

Ciri Kepala Ayam Bangkok yang Bagus Berkarakter Juara

kepala ayam bangkok tergolong sebagai fisik terpenting untuk ayam aduan karena bentuk kepala ayam bangkok merupakan senjata ayam untuk mengolah permainan dan sebagai senjata untuk bertahan. seperti yang kita ketahui bahwa ayam bangkok dalam bertarung lebih banyak menggunakan kepala dari pada kaki, karena kepala merupakan tempat untuk diduduki oleh patuk sedangkan patuk digunakan untuk memegang lawan sebelum melakukan pukulan. kepala ayam yang bangkok yang bagus dapat menciptakan tehnik ayam bagus, lincah, pandai bermain solah atas/bawah dan lihai membaca pukulan.
Kepala ayam bangkok yang bagus mempunyai ciri dengan tulang kepala batok yang tebal sehingga kuat apabila terkena pukulan lawan, karena kepala adalah sasaran utama dari bagian tubuh ayam yang menjadi targed pukulan lawan. Oleh karena itu, kepala ayam bangkok yang bagus berkarakter juara mempunyai ciri-ciri yang tersaji secara lengkap dengan gambar dan penjelasan sebagai berikut:
Ciri Kepala Ayam Bangkok yang Bagus Berkarakter Juara
  • Kepala ayam aduan pada waktu ditekan dengan tangan akan selalu ada gerakan naik. Kepala ayam bangkok yang demikian itu mempunyai tehnik main atas dan permainan atas lebih aman dibandingkan dengan pola permainan bawah. Adapun permainan atas yang bagus, kepala ayam diwaktu terdesak mampu main bawah dan cepat mengambil alih posisi main atas.
  • Kepala ayam bangkok yang bagus berbentuk buah pinang terlihat agak memanjang, kepala ayam bangkok seperti ini mempunyai jangkauan yang lebar sehingga mempunyai gerakan yang efektif untuk mematuk dan menghindar.
  • Ukuran kepala ayam bangkok yang bagus tidak terlalu besar juga tidak terlalu kecil, Kepala ayam bangkok yang terlalu besar tidak mempunyai kecepatan gerakan yang baik sedangkan kepala yang kecil tidak kuat jika terpukul lawan.
  • kepala ayam bangkok yang bagus mempunyai kulit muka yang tebal dengan pori-pori kulit yang halus atau tidak seperti kulit jeruk dan juga kulit muka tidak berbulu, kulit muka yang berbulu menandakan kulitnya tipis karena dapat ditumbuhi bulu-bulu. Ayam bangkok seperti ini mempunyai daya tahan pukulan yang baik.
  • Kepala ayam bangkok yang bagus dilengkapi jengger dengan ukuran yang sedang, tidak kebesaran dan juga tidak terlalu kecil. Karena jengger yang terlalu besar dapat mengganggu gerakan kepala hingga menjadi lambat, sedangkan jengger yang terlalu kecil kurang mempunyai wibawa dan gampang diremehkan ayam lain.
  • Kepala ayam bangkok yang bagus dilengkapi kuping dengan ukuran pendek atau kecil, ayam bangkok seperti ini mempunyai gerakan yang lincah dan ukuran kuping yang kecil tidak mudah dipegang lawan.
  • Kepala ayam bangkok yang bagus dilengkapi hidung dengan lubang yang kecil, lubang hidung yang kecil dapat menghemat pernafasan dan tidak mudah ngos-ngosan.
Ciri-ciri dari kepala yang kami sajikan secara lengkap diatas dapat memudahkan anda khususnya bagi penghoby ayam aduan untuk pemula dalam memilih ayam bangkok yang bagus berkarakter juara.

No comments:

Post a Comment