Thursday 17 March 2016

Cara praktis agar bass dan treble lebih mantap

Halo sobat blogger, kali ini kita akan mencoba menjadikan perangkat audio yang kita miliki menjadi lebih nge-bass dan juga lebih halus treble-nya dengan hanya memodifikasi rangkaian pasif-nya saja (rangkaian yang tidak memerlukan catu daya).

Sebenarnya cara ini adalah cara lama dan sangat populer.
Cara tersebut adalah dengan me-modifikasi komponen potensiometer atau biasa kita menyebutnya dengan volume, dan selanjutnya kita ganti dengan menggunakan "potensiometer CT"
Potensiometer dengan tambahan tap ditengahnya, CT = Center Tap.
Bila sobat telah menggunakannya, sobat bisa mengganti nilai komponen pasif yang ada (kapasitor dan resistor) dengan harapan agar suara yang dihasilkan sesuai dengan percobaan kali ini.
Dan tidak menutup kemungkinan juga bila perangkat ataupun rakitan yang anda miliki tidak menngunakan potensiometer CT, Kali ini sobat bisa mencobanya.

Kelemahan dari Potensiometer CT ini adalah hanya bekerja dibawah dari setengah putaran volume saja, sesuai dengan namanya 'Center Tap'.
Namun kita bisa mengakalinya dengan mengubah nilai dari Potensiometer atau variable resistor tersebut dengan nilai yang lebih rendah.
Misal, sebelumnya adalah 100k lalu bisa kita ganti dengan 50k.
Jadi ketika kita memutar volume (di potensiometer 50k) pada posisi 2 sama dengan memutar volume pada posisi 4 di potensiometer 100k.
Baca juga: Cara mudah mengetahui kaki potensiometer

Namun.. jarang-jarang pula kita mendengarkan musik dengan volume melebihi dari setengah putaran, paling-paling seperempat dari putaran volume yang ada.. sudah puas, ya kan?
Baca juga: Memperbaiki potensiometer digital yang rusak
Langsung saja kita mencoba potensiometer CT ini, dengan harapan agar bass menjadi lebih mantap dan treble menjadi lebih halus..



Komponen yang diperlukan,
R: 10K
C1: 1n
C2: 47n
Potensiometer CT 50k/100k

Dengan nilai komponen seperti diatas, akan dihasilkan nada trebel yang lebih halus dan bass yang lebih menonjol dan mantap.
Karena pada penerapan nilai komponen tersebut, suara tengah (vokal) seperti diredam.
Bila menginginkan vokal yang terkesan open, maka lepas saja C2 dan R nya. terkesan hard karena suara tengah (vokal) ikut menonjol.

Bila nada trebel terkesan kurang "greget" sobat bisa mengganti C1 dengan nilai lebih tinggi, atau bila nada bass terasa kurang "tonjok" sobat bisa mengganti kombinasi nilai C2 dan R.

Demikian tadi cara yang praktis agar bass lebih mantap dan treble lebih halus dengan tanpa menambahkan rangkaian, semoga bermanfaat..

1 comment: