Tuesday 26 April 2016

tips cara mengatasi resisstor pada power ocl yang rusak atau short

tips cara mengatasi resisstor pada power ocl yang rusak atau short
 
Pada Postingan kali ini aku sedikit berbagi cara memperbaiki Transistor yg Konslet, seperti Judul di atas. Sebelumnya aku jg minta maaf pada Master2 yang mungkin lebih tau dalam masalah ini.
Langsung aja, bahwasanya sering terjadi Transistor PA kita terbakar/Short akibat kelebihan daya atau terlalu panas, terutama pada Transistor FINAL/akhir. Biasanya bila Transistor Final short/konslet selalu mengajak transistor Driver lainya juga ikut short, & mungkin komponen2 lainya juga ikut rusak.
Adapun cara memperbaikinya sbg berikut.
1. Periksa pengkabelan, adakah yg terhubung arus pendek antara (-), (0) & (+), periksa juga kabel2 lainya yang terhubung dari Travo, Tone Control & Power Amplifiernya.
2. Periksa apakah Transistor FINAL’nya masih bagus atau udah rusak, dengan menggunakan Multi Tester. Pastikan Transistor mengalirkan tegangan AC, bila mengalirkan tegangan DC berarti udah rusak & ganti yang baru.
3. Sebelum mengganti TR FINAL, Ganti juga TR Drivernya seperti Tip31/41, Tip 32/42 dan D438/D400 ganti yang Baru, bila perlu pilih Kualitas Transistor yang baik. KW 1, bukan yang KW 2/murahan.
4. Ganti juga Dioda 4148, 3 baris yang di bawah TR driver Tip31/Tip32, dan ganti 2 Resistor 330 di kaki Emitor Tip31 & Tip32, bila perlu ganti yang semula 1 watt menjadi 2 watt.
5. Dan yang terakhir, bila udah di ganti TR driver, Dioda & Resistornya baru Pasang TR FINAL’nya yang Baru.
Mungkin cukup itu saja Postingan cara Mengganti TR FINAL yg Short sebelum di ganti TR yang Baru.

2 comments:

  1. Judulnya "Resistor"
    Yang dibahasnya "Transostor"
    :D :D

    ReplyDelete