Wednesday 6 April 2016

TRIK DAN TIPS MENYETING SOUND SISTEM DENGAN BAIK

CARA MENYETING ATAU MENYETEL SOUND SIISTEM MENNURUT KARAKTERNYA




Tips Setting Sound System

Pertanyaan yang paling umum yang saya dapatkan diminta oleh penyanyi profesional, bagaimana caranya mengatur soundsystem untuk mencapai suara yang baik, ketika saya mendengar seorang penyanyi dengan suara yang baik dan trek juga dihasilkan memiliki kinerja baik pula, hancur suaranya yang disebabkan oleh kurangnya pengetahuan mereka tentang cara mengatur system suara, sangat disayangkan ketika saya mendengar penyanyi yang tidak pernah repot-repot mempelajari cara bernyanyi tetapi mencoba untuk bergantung pada peralatan dan sound engineer,padahal telah banyak diadakan kursus untuk meringankan stres dan mengajarkan penyanyi bagaimana cara untuk mencapai suara terbaik mereka, beberapa langkah mudah untuk menyiapkan dan mendapatkan suara terbaik dari sound system anda.anda harus belajar menyanyi dengan benar dalam rangka untuk mendapatkan kualitas terbaik dan proyeksi dari suara Anda tanpa menimbulkan kerusakan, sehingga Anda terlihat sperti penyanyi profesional dengan mencoba untuk berbicara dengan penonton dan berinteraksi dengan mereka sehingga Anda memberikan performance terbaik Anda dan perlu mengetahui cara mengatur PA sistem dan menjadi sound engineer sendiri dan bahkan jika Anda akan bekerja di tempat di mana Anda memiliki kemewahan dari sebuah sound engineer profesional, itu akan menguntungkan Anda untuk mengetahui dasar-dasar bagaimana untuk mengatur system.
sekarang saatnya untuk diatur untuk pertunjukan dan untuk tujuan penjelasan ini saya akan menggunakan peralatan sebagai berikut:
1. Soundcraft spirit 600.
2.speaker FOH Electrovoice 200sx
3. Shure SM58 microphone
4. ipod apel (untuk bermain backing track)
5. PEAVEY monitor
6 . satu set stands mic
7. cables Speakers
Stand mic harus ditempatkan di depan area atau di kedua ujung panggung dan ketika speaker dipasang harus pada ketinggian 2ft di atas ketinggian kepala audience. speaker tidak selalu harus berada dalam font speaker karena hal ini dapat menyebabkan masalah dengan feedback.Feedback terjadi bila ada loop audio yang dihasilkan antara mikrofon dan speaker, yang disebabkan oleh mikrofon menangkap suara dari speaker dan bermain kembali melalui system.Feedback terdengar seperti jeritan bernada tinggi yang tidak menyenangkan untuk didengarkan dan merupakan kontribusi terbesar dari rusaknya speaker .
Mixer
gunakanlah mixer berkualitas supaya suara yg dihasilkan berkualitas, semua suara dari instrumen, mikrofon dan pemutar audio terhubung dan dicampur dengan pemerataan (EQ), efek dan volume sebelum pergi ke amplifier dan speaker
Bagian dalam mixer
(1)Input channel
terdiri dari input balance (tiga pin XLR type) adalah untuk mikrofon dan (1 / 4 inci jack) unbalance adalah untuk kontrol instruments.
(2)Trim control/gain
memungkinkan Anda untuk menurunkan dan menaikan signal untuk setiap saluran. Sebagai instrumen yang berbeda dan mikrofon memiliki tingkat output yang berbeda adalah penting untuk memangkas setiap saluran untuk mendapatkan tingkat volume yang terbaik tanpa fader distortion.
(3) Volume chanel/fader
memungkinkan Anda untuk menyeimbangkan volume dari masing-masing Channel.
(4) EQ (equalizer)
kita dapat menambahkan low ,mid atau Hi untuk input masing-masing dan memotongnya.
(5)Reverb/effec
memungkinkan Anda untuk menambahkan efek seperti reverb atau menunda untuk menyalurkan untuk membuat suara mikrofon spacious lebih ”harus dicatat bahwa menambahkan reverb secara berlebihan ke mikrofon akan membuat suara lebih jauh dan tidak wajar..
(6)Master control
memungkinkan Anda untuk mengatur volume keseluruhan dari system.
(7)Master efek
untuk mengatur berapa banyak efek akan dikirim ke output
(8)Master outputs
harus memiliki speaker ditempatkan dengan benar dan mixer mudah dicapai dari meja area , pencampuran harus ditetapkan datar (fader volume yang semua dan kontrol memangkas nol, EQ dan pan kontrol terpusat). Anda harus memiliki trek pemutar terhubung ke dua saluran (misalnya 1 dan 2) dan mikrofon Anda ke saluran lain (misalnya 3) Putar salah satu trek Anda (sebaiknya lagu ceria yang kuat) dan muncul trim untuk dua saluran sampai lampu memimpin pada baca meteran tepat di bawah 0db.lalu gilirannya volume master sampai tanda 0dB dan kemudian mengubah volume saluran sampai level nyaman di depan speaker untuk mendengar suara dengan baik dan mendengarkan track.anda mendengarkan kejelasan dan berapa banyak bass atau treble yang prominent.Go kembali ke meja dan menambahkan 3dB EQ tinggi untuk kedua saluran dan kemudian kembali di depan speaker dan mendengarkan. Jika suara terlalu tipis gulir ke atas dan ke bawah dan lakukan hal yang sama Dengan EQ rendah bertujuan untuk menyeimbangkan suara yang baik dan jelas dan memiliki suara bass yang baik. pan LR saluran 1 sepenuhnya ke kiri dan saluran 2 sepenuhnya ke kanan. Anda sekarang harus memiliki suara stereo yang berasal dari dukungan Switch trek off dan sekarang ikuti langkah-langkah yang sama untuk saluran mikrofon (pan harus dalam posisi tengah) Hati-hati ketika posisi di depan speaker Bahwa Anda tidak menemukan feedback.lalu memutar lagu dan bernyanyi sambil menyesuaikan volume saluran mikrofon untuk mencocokkan suara track.suara vocal harus lebih keras dari trek dan jika tidak menonjol dari trek Anda dapat mengangkat mid control.Set frekuensi menyapu pertengahan pada ketiga saluran untuk 4kHz.On saluran mikrofon meningkatkan ini dengan tombol dB dengan 1 untuk 3dB dan mengurangi 1 sampai 3dB dari backing track saluran tersebut. Hal ini seharusnya membuat suara Anda lebih menonjol tanpa perlu meningkatkan volume.Stop trek dan menambahkan beberapa reverb atau menunda ke channel.It mikrofon ‘penting untuk dicatat bahwa jika Anda menambahkan efek terlalu banyak mikrofon Anda akan terdengar lebih jauh dan tidak wajar. Anda harus memutuskan untuk menggunakan mixer terpisah dan kemudian penguat Ini adalah kasus sederhana mengambil mengarah dari output dari mixer ke input penguat dan menghubungkan pembicara mengarah pada output dari penguat . Saya akan menyarankan bahwa daya dari penguat adalah lebih besar dari power rating, alasan ini adalah untuk meninggalkan beberapa ruang kepala dalam penguat sehingga mengurangi risiko overdriving dan mengirimkan sinyal terdistorsi ke speaker.
http://powerbassajrinmusikagroup.blogspot.co.id/


No comments:

Post a Comment